Penerimanaan Mahasiswa Melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau Tahun Akademik 2021/2022

DESKRIPSI PROGRAM

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja kecapaian hasil berlajar pembelajaran formal, yaitu berupa pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan sks untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi (mahasiswa yang diterima hanya diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak memperoleh pengakuan). Program bantuan ini mengajak calon mahasiswa untuk mendaftar di Perguruan Tinggi (Universitas, Insitut, atau Sekolah Tinggi) pada program Sarjana dan Magister (non-vokasi). Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima, akandiberikan bantuan subsidi biaya kuliah satu semester

Tujuan

– Memberikan Kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi.

– Mendorong masyarakat yang karena berbagai hal terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkanpendidikan di Perguruan Tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja dan kompentensi yang relavan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

– Memberikan bantuan untuk mendaftarkan secara gratis di Perguruan Tinggi yang ditunjuk dan memberikan bantuan subsidi biaya kuliah pada semester pertama.

Kriteria Perserta

– Lulusan SMA atau sederajat yang memiliki pengalaman kerja untuk dapat melanjutkan pada program Sarjana.

– Lulusan D1/D2/D3 atau pernah mengikuti kuliah di Perguruan tinggi tetapi tidak selesai, baik yang memiliki pengalaman kerja untuk dapat melanjutkan pada program Sarjana.

– Lulusan Sarjana dan pernah mengikuti kuliah pada program Magister tetapi tidak selesai, baik yang memiliki pengalaman kerja maupun yang tidak untuk dapat melanjutkan pada program Magister.

ringkas.kemendikbud.go.id/PBPPRPLTIPEA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *